Menggunakan Bitbucket dengan sourcetree dan Git

Kali ini kita akan belajar menggunakan layanan Bitbucket. Paket menarik yang ditawarkan pada Bitbucket adalah repositori publik dan privat dengan space yang tidak terbatas. Satu-satunya batasan adalah penggunaan maksimal oleh 5 user untuk setiap repositori proyek. Public repo adalah repositori yang dapat dilihat dan diakses oleh siapapun, sedangkan private repo  adalah repositori yang hanya dapat diakses oleh tim pemilik repo tersebut. Bila Kamu belum memiliki akun Bitbucket, silakan daftarterlebih dahulu. Setelah itu ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat repositori proyek:

  1. Login terlebih dahulu ke bitbucket,
  2. setelah login masuk kedalam menu repositories,
  3. dan isikan nama projek atau terserah kalian

Selanjutnya kita harus menginstall terlebih dahulu aplikasi Git di komputer. Unduh installer Git di sini.

Bitbucket menyediakan aplikasi git-client untuk mempermudah managemen kode dari komputer ke server, yaitu SourceTree, yang dapat diunduh di sini. SoureTree ini digunakan untuk mensingkronasikan dengan akun bitbucket kalian bila mengalami masalah pada saat login dengan bitbucket server silahkan gunakan atlassian untuk login pada waktu instal sourcetree

 

lalu di remote tab


Add an accountHosting Service: Bitbucket
Host URL: https://bitbucket.org/
Preferred Protocol: HTTPS

Authentication: Basic
Username: blabla

Password  : blabla

1

Selanjutnya kita harus menginstall terlebih dahulu aplikasi Git di komputer. Unduh installer Git di sini.

Bitbucket menyediakan aplikasi git-client untuk mempermudah managemen kode dari komputer ke server, yaitu SourceTree, yang dapat diunduh di sini. SoureTree ini digunakan untuk mensingkronasikan dengan akun bitbucket kalian, sebagai contoh tampilan sourceTree seperti gambar dibawah ini:

capture_3

Setelah itu kalian buka bitbucket nya dan klik tombol Clone in SourceTree.

22

Salin alamat URL yang terbuka tadi ke aplikasi sourceTree seperti pada gambar berikut:

u_1

buka hosted repositories yang ada sibelah URL dan pilih repositories yang tadi kita buat di bitbucket dan klik ok selanjutnya klik clone

zz

Selanjutnya kalian harus membuat folder dan pastekan projek kalian di direktori folder kalian yang telah buat tadi. Refresh sourceTree kalian apakah muncul file file yang di maksudkan..

dwds

Pilih semua atau sebagian file nya dan klik commit yang berada kanan bawah, commit itu sendiri digunakan untuk membuat suatu point dimana suatu saat kalau ada kesalahan kodingan di masa depan, kita bisa melihat kembali point ini (beranggapan di point ini tidak terdapat bug) Dan hasilnya akan seperti contoh dibawh ini:

sh

Ke tahap selanjutnya kalian harus mem PUSH file yang sudah di commit bertujuan push ini adalah dilakukan untuk ‘mendorong’ apa yang sudah kita buat di lokal, ke server GIT repository.

push

Dan hasilnya nampak seperti ini.

aa

Selanjutnya cek web bitbucket kalian masing - masing apakah sudah terupload projek kalian atau belum, kalau sudah akan terlihat seperti ini.

xxx

Mudah bukan cara menggunakan bitbucket, jadi intinya menggunakan bitbucket dengan sourceTree ini mempermudah kalian untuk mengupload projek kalian tanpa menggunakan Command Line, Sekian dari saya tutorial tentang Belajar menggunakan Bitbucket semoga bermanfaat bagi kalian yang mencoba nya, Terima Kasih

 

Bagikan

Comments (0)

Silahkan Tinggalkan Komentar