Berkemampuan PC Tetapi Seperti Smartphone

Demam mini PC sepertinya sedang mewabah di beberapa kalangan, terutama lingkup kantor. Selain ukuran yang bisa dibilang kecil, mini PC juga sudah sangat mumpuni untuk melakukan aktifitas ringan dan memenuhi kebutuhan multimedia.

Salah satu hal yang banyak diinginkan penggemar Windows 10 adalah smartphone yang bisa diinstall software .exe didalamnya, dan mampu menjadi full PC saat dibutuhkan. Namun sangat disayangkan perangkat tersebut belum tersedia sampai saat ini. Lumia 950 / 950 XL bahkan juga HP Elite X3 yang belum lama diluncurkan telah dilengkapi dengan fitur continuum, tetapi tetap saja perangkat ini tidak bisa menjadi PC sepenuhnya, karena aplikasi yang bisa dijalankan hanyalah UWP apps dari Windows Store saja.

Menjawab kebutuhan itu, kali ini ada satu lagi mini PC dengan mengusung desain mirip smartphone, yakni bernama Ockel Sirius A. Seperti yang dilansir dari Liliputing, Senin (17/10/2016), mini PC ini bisa dikatakan mirip dengan Gole1, dengan bentuk yang menyerupai smartphone, hanya saja lebih tebal. Tetapi jangan salah, perangkat ini merupakan full PC Windows 10 dengan full desktop experience, artinya perangkat ini bukan smartphone. Jadi Anda tidak bisa memasukkan kartu SIM untuk telepon ataupun SMS. Anda juga dapat melakukan install .exe, dan berjalan di OS Windows 10 Home 64-bit.

Ockel Sirius A ini dibekali dengan spesifikasi yang lebih menjanjikan. Seperti penggunaan prosesor dari Intel Cherry Trail Atom x7-Z8350. Serta memiliki RAM sebesar 4GB, dengan penyimpanan jenis eMMC berkapasitas 64GB. Layar yang digunakan Ockel Sirius A ini seluas 6 inci yang memiliki resolusi Full HD 1920×1080 piksel.

Mirip Smartphone, Berkemampuan Desktop PC



Perangkat ini memiliki dimensi panjang 5,9 inci, lebar 3,3 inci dan ketebalan 0,78 inci, Ockel Sirius A ini juga dilengkapi dengan dua buah port USB 3.0, sebuah port USB tipe C, serta tak ketinggalan ada jack 3,5mm juga dengan kamera depan, PC ini juga memiliki sensor yang umumnya dimiliki smartphone dan tablet, yaitu accelorometer, gyroscope, dan magnetometer.

Mirip Smartphone, Berkemampuan Desktop PC

Advertisement Advertisement



Untuk konektivitas ke perangkat lain, mini PC ini juga terdapat sebuah DisplayPort dan sebuah port HDMI, tidak ketinggalan juga Bluetooth 4.2 serta WiFi 802.11ac untuk konektivitas nirkabel. Ockel Sirius A juga dibekali baterai berkapasitas 3000mAh sebagai asupan daya yang diklaim mampu digunakan untuk memutar video hingga 4 jam non-stop.

Perangkat ini dapat Anda pesan di situs Indiegogo dengan versi termurah sekitar 6.5 jutaan rupiah yang sudah sold out, dan saat ini yang tersisa adalah versi $549 atau sekitar 7.2 jutaan rupiah per unitnya, dan akan mulai dikirimkan ke backers pada bulan Mei 2017 mendatang.

youtube-thumbnail

Bagikan

Comments (0)

Silahkan Tinggalkan Komentar