5 Penemuan Jaman Purba yang Canggih

Menilik peninggalan sejarah sepertinya menjadi hal menarik saat ini. Semakin lama para arkeolog selalu muncul dengan penemuan-penemuan baru dari masa lalu yang membuat kita ternganga. Belum lagi bila kita mencari tahu sejarahnya lebih lanjut, pastinya akan ada banyak ilmu baru yang kita dapatkan. Tapi tak jarang juga para arkeolog dibuat pusing dengan penemuan mereka sendiri.

Hal itu dikarenakan beberapa penemuan arkeolog tersebut bentuknya atau bahan pembuatnya terlihat lebih modern dibanding waktu perkiraan barang itu dibuat. Tentu saja hal tersebut menimbulkan pertanyaan bagaimana nenek moyang kita bisa membuat benda tersebut dan darimana mereka mendapatkan bahannya. Di bawah ini ada lima penemuan sejarah dari masa purba yang masih menuai perdebatan sampai sekarang.

Bola Batu Raksasa

Penemuan ini terjadi pada tahun 1930-an saat ada beberapa pekerja menyisir lahan yang akan digunakan untuk perkebunan pisang. Betapa terkejutnya mereka saat menemukan puluhan batu raksasa berbentuk bola dengan bulat sempurna. Bola-bola raksasa tersebut memiliki ukuran yang bermacam-macam.

costa rica [image source]Yang terkecil berukuran layaknya bola tenis sampai yang terbesar diameternya mencapai 8 kaki dan beratnya 16 ton. Meskipun bola raksasa ini sudah jelas merupakan buatan manusia, namun yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana pada zaman dahulu mereka mampu membentuk batu-batu ini sampai menjadi bulat sempurna. Alat apa yang mereka gunakan pada zaman yang serba terbatas itu? Masih meninggalkan misteri.

Fosil Jejak Kaki

Seperti yang kita semua tahu bahwa fosil adalah batuan yang terbentuk ribuan tahun lalu. Namun, ada saja fosil yang sampai sekarang dirasa kurang masuk akal dari segi geologis maupun historis. Salah satunya adalah ditemukannya fosil telapak tangan manusia yang diperkirakan usianya mencapai 110 juta tahun.

jejak kaki [image source]Selain itu, para arkeolog juga pernah menemukan sebuah fosil jejak kaki di daerah Delta, Utah, Amerika. Fosil ini terlihat tidak biasa karena memperlihatkan sebuah jejak kaki dan diperkirakan kaku tersebut menggunakan sandal. Fosil jejak kaki dengan sandal tersebut diperkirakan usianya 280 juta tahun yang lalu. Mungkin saja saat itu nenek moyang kita sudah membuat penemuan sandal.

Baterai Baghdad

Menurut kalian apakah penemuan batrai sudah ada sejak 2000 tahun yang lalu? Mungkin kita semua sepakat bahwa pada tahun tersebut sepertinya belum ada yang bisa membuat baterai ya atau bahkan tidak terpikir sama sekali untuk membuat baterai. Tapi ternyata, para arkeolog menemukan baterai yang diperkirakan usianya sudah 2000 tahun.

baterai baghdad [image source]Benda yang dikenal dengan istilah Baterai Baghdad ini merupakan sebuah silinder yang terbuat dari metal yang berisi aspal dan bahan lainnya. para ahli mengemukakan bahwa benda ini hanya perli diisi dengan cairan alkalin untuk bisa memproduksi aliran listrik. Jika benar ini adalah baterai berusia 2000 tahun, bagaimana bisa nenek moyang kita tidak melanjutkan penemuan ini sampai ribuan tahun kemudian baru dimulai kembali?

Model pesawat terbang kuno

Pada tahun 1898, para arkeolog menemukan artefak mesir di sebuah makam Saqquara. Artefak ini menyerupai model pesawat terbang lengkap dengan badan pesawat, sayap, dan ekor. Para ahli menyatakan bahwa obyek yang ditemukan ini memiliki bentuk yang aerodinamis dan bisa menggelinding.

model pesawat terbang [image source]Ada juga sebuat penemuan di Amerika yang usianya sekitar 1000 tahun dan berbentuk menyerupai pesawat terbang. Obyek ini terbuat dari emas dan serupa dengan model pesawat delta-wing, bahkan pesawat luar angkasa. Bahkan ada bagian yang terlihat seperti tempat duduk pilot.

Coso Artifact

Wallace Lace, Virginia Maxey, dan Mike Mikesell menemukan sebuah batu yang aneh pada saat mereka melakukan pencarian mineral di California tahun 1961 lalu. Batu yang awalnya mereka kira adalah jenis permata ini ternyata memiliki inti yang mengejutkan. Saat dibelah, batuan itu berisi porselin putih yang di dalamnya terdapat logam berkilau.

coso artifact [image source]Para ahli memperkirakan artefak ini berusia 500.000 tahun. Namun yang menjadi pertanyaan bagaimana benda ini berisi produk buatan industri modern? Terlebih lagi, porselin dalam batuan ini diletakkan dalam pembungkus berbentuk heksagonal dan benda ini dipercaya merupakan cikal bakal dari stop kontak. Lima benda peninggalan sejarah di atas secara tidak langsung menunjukkan bahwa nenek moyang kita sepertinya memiliki cara tersendiri untuk menciptakan berbagai penemuan yang sekarang banyak kita gunakan.

 

SUMBER

Bagikan

Comments (0)

Silahkan Tinggalkan Komentar