6 library penting di php

Dalam sebuah proses development atau proses pembuatan aplikasi terkadang kita mendapatkan sebuah kasus yang sama, yaitu membuat sebuah fungsi yang sama dengan projek atau aplikasi yang sebelumnya, nah jika kita pikir2 kenapa kita harus mengulang apa yang sudah kita buat ?

kenapa kita tidak buat sebuah global function yang bisa digunakan di berbagai aplikasi dan manfaatnya lalu bisa mempercepat proses development, dan dalam proses pembuatan projek kita terkadang suka males membuat sebuah function, karena feature2 standar selalu ada dalam sebuah aplikasi seperti sistem login/register, crud, export data to excel dll.. Nah dengan kasus yang seperti itu maka PHP sebagai bahasa outsourcing memiliki banyak library yang bisa membantu mempercepat pengerjaan sebuah aplikasi dan sangat bermanfaat karena semua sistemnya itu sudah bisa di katakan sangat jadi dan tinggal pake saja tanpa pusing mikirin apa-apa, betul tidak ?, klo ane dalam pengerjaan aplikasi suka menggunakan pacakge yang bernama Sentinel untuk sistem login/register dan bahkan permission, dan itu terbukti mempercepat proses development, Nah disini saya akan memberitahu 6 library PHP yang paling banyak di digunakan dan sangat bermanfaat

1. PHP Excel Library yang berguna untuk proses export dan import data, biasanya sebuah aplikasi membutukan sebuah feature untuk mengambil data dalam bentuk excel atau pdf dan sebaliknya biasanya sebuah aplikasi membutuhkan feature untuk menarik data dari file bentuk excel, nah dari kebutuhan itu lah PHP Excel bisa sangat berguna gan.

2. Guzzle Library yang berguna untuk Http request, jika sebuah feature membutuhkan request url atau API untuk mengambil sebuah data, maka Guzzle bisa sangat berguna dan penggunaanya sangat mudah.

3. PHPMailer Library yang satu ini sering dipake menurut saya, karena hampir disemua aplikasi sudah mewajibkan untuk mengirimkan sebuah informasi dalam bentuk email, jadi untuk agan yang punya kebutuhan send data via email bisa menggunakan library ini.

4.Opauth Aplikasi anda mewajibkan ada login with sosial media ? nah library ini bisa membantu anda jika sedang kasus seperti itu.

5. Whoops Kalo library ini ane tahu dari framework laravel gan, kegunaanya untuk ngedebug error PHP gan, dan display error yang ditampilkan sangat detail dan memudahkan para developer untuk mencari errornya disebelah mana. 6.FastCache Library untuk management cache sistem dalam PHP, cache bisa mempercepat proses dalam aplikasi khusunya dalam load page yang sama secara berualang-ulang. Nah itu gan library yang populer dan paling banyak digunain menurut ane :D Terima kasih .. See you on the next post

Bagikan

Comments (1)

Silahkan Tinggalkan Komentar