Fakta tentang air yang nggak diduga

Air adalah salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari hidup kita. Menurut beberapa penelitian, dalam satu abad ini, pemakaian air oleh umat manusia sebanyak dua kali lipat dari sebelumnya. Memang kalau dilihat dengan kasat mata, jumlah air di bumi ini tidak terhingga.

Namun kita harus tahu bahwa tidak semua itu bisa dikonsumsi. Bahkan ada yang mengandung bakteri dan penyakit. Seperti dikutip dari seametrics.com ternyata banyak beberapa fakta unik tentang air yang nggak bakal kamu duga, dan belum banyak diketahui. Seperti apa? Let’s check them out, Jumat (16/12)!

1. Air di bumi yang bisa dikonsumsi hanya tinggal 1%

foto: carasehat

Sebesar 70% bagian bumi memang ditutupi oleh air, namun air yang bisa dikonsumsi hanya tinggal 1% saja, 69% sisanya adalah air asin yang ada di laut. Wah...harus berhemat nih!

2. Sebesar 30% air tawar berasal dari tanah

foto: kidnesia

Air tawar bisa bersumber dari air beku, tanah atau desalinasi (air laut yang berubah jadi tawar). Tapi kamu tahu nggak kalau tanah mengambil peran sebesar 30% untuk pembuatan air tawar.

3. Sekitar 2% air di dunia berwujud beku sehingga tidak dapat digunakan.

foto: kidnesia

4. Air dapat melarutkan banyak zat cair lain, salah satunya asam sulfat

foto: kimiakita

Hal ini disebut dengan proses hidrasi, salah satunya ketika bereaksi dengan asam sulfat. Reaksi hidrasi asam sulfat sendiri sangat eksotermik atau bisa mengakibatkan ledakan, untuk itu tambahkan asam ke dalam air, bukan air ke dalam asam.

5. Titik beku air bisa menurun karena garam

foto: tumblr.com

Titik beku air menurun oleh sebab sejumlah garam. Air laut membeku pada suhu -2°C (28,4°F).

6. Air adalah satu-satunya zat di bumi yang secara alami memiliki 3 fase

foto: pixabay.com

Air mampu alami 3 fase di antaranya fase padat, cair, dan gas.

7. Ketahanan manusia untuk tidak mengonsumsi air

foto: shuttershock

Seseorang dapat bertahan hidup tanpa makan lebih dari sebulan, sedangkan tanpa air hanya mampu sekitar satu pekan.

8. Dalam tubuh manusia terkandung 66% air

foto: slideshare.net

Komposisi air di tubuh manusia dewasa 60% terdiri dari air. Komposisinya dibagi menjadi dua zona yang berbeda, dalam sel-sel dan di luar sel-sel kita.

9. Sekitar 780 juta orang tidak memiliki akses ke sumber air bersih

foto: apakabardunia

Sebanyak 780 juta warga dunia menghadapi kesulitan mendapatkan air bersih, itu berarti 1 dari 9 penduduk dunia. Angka ini sama dengan sekitar 2,5 kali jumlah penduduk Amerika Serikat.

10. Sebanyak 3,41 juta orang setiap tahun mati karena kurang air bersih

foto: childfundinternational

Hal ini disebabkan air, sanitasi, dan masalah yang berhubungan dengannya. Setidaknya ada 200 anak yang mati setiap jam karena tidak mendapat akses air bersih.

11. Air bisa meluas sampai 9% dari ukuran cair ketika membeku

foto: home.bt.co

12. Sebesar 95% kandungan dalam ubur-ubur dan mentimun adalah air

foto: istimewa

13. Dibutuhkan dua kali lebih banyak jumlah air dalam produksi kopi daripada produksi teh

foto: salon.com

14. Tercatat sebanyak 265 konflik yang timbul akibat air sejak 3000 SM sampai tahun 2012

foto: voanews

Komunitas World Economic Forum (WEF) pada tahun 2014 bahkan mengindikasikan ‘krisis air’ sebagai salah satu dari 10 risiko global yang menjadi perhatian utama.

15. Lebih dari 90 persen pasokan air tawar di dunia berasal dari Antartika

foto: shuttershock

16. NASA telah menemukan air dalam bentuk es di bulan

foto: nasa.gov

17. Sebuah keran bocor yang menetes tiap detik bisa membuang lebih dari 3.000 galon per tahun

foto: rumahku.com

Wah ternyata banyak yah hal yang belum kita tahu tentang air sendiri. Air sangat bermanfaat, bukan hanya untuk dikonsumsi, tetapi juga untuk kegunaan yang lain seperti untuk pembangunan sebuah negara. Salah satunya adalah bagaimana air yang diperlukan untuk membangkitkan listrik, begitu juga listrik diperlukan untuk mengolah air. Instalasi pengolahan air limbah juga membutuhkan tenaga listrik yang besar sehingga seringkali habis banyak daya listrik.

gif: gereports

Tom Stanley, chief technology officer GE Water & Process Technologies mengatakan dalam gereports.co.id bahwa teknologi mengubah limbah air listrik menjadi listrik ini bisa memberi manfaat yang lebih besar apalagi di negara-negara berkembang yang sering mengalami kekurangan listrik dan air bersih. Stanley menuturkan, "Untuk kota-kota di negara-negara berkembang yang kini belum memiliki instalasi pengolahan air limbah, ini adalah kesempatan untuk membangun instalasi pengolahan air limbah yang swasembada, mandiri, dan hemat biaya yang tidak harus terhubung kepada grid listrik."

Wow...penemuan seperti ini bakal selalu kita nantikan ya, karena manfaatnya bakal dirasakan bukan cuman untuk manusia aja, tapi buat bumi yang lebih baik tentunya.

 

SUMBER

Bagikan

Comments (1)

Silahkan Tinggalkan Komentar