Mengubah File Pdf, Gambar, Hasil Scan Ke Format Text Microsoft Word

Ada saat saat dimana seseorang malas untuk mengetik. Apalagi jika seandainya apa yang akan diketik tersebut sebenarnya merupakan sebuah print out atau merupakan buku teks. saat saat seperti itu sangat berharap sekali bisa menemui pembuat file tersebut langsung secepat kilat, dan minta soft file nya agar pekerjaan kita lebih di mudahkan.
 
Malas mengetik, Saya sendiri pernah mengalaminya, sehingga kepala saya berpikir adakah cara agar tulisan tulisan yang ada di buku, pdf maupun gambar atau hasil scan yang sedang saya kerjakan ini dipindahkan secara lebih mudah ke text microsoft office. Sampai akhirnya saya menemukan beberapa solusi bagaimana cara Mengubah File Pdf, Gambar, Hasil Scan Ke Format Text Microsoft Word. Beberapa cara tersebut yang pernah saya lakukan adalah :
  1. Menggunakan Aplikasi OCR
  2. Menggunakan aplikasi Microsoft Office OneNote
  3. Menggunakan Layanan internet dengan Situs Online

Bagaimana cara Mengubah File Pdf, Gambar, Hasil Scan Ke Format Text Microsoft Word, saya akan coba jabarkan berikut ini :

 

Menggunakan Aplikasi Free OCR

Aplikasi Free OCR ini support untuk mengubah format Gambar, Pdf dan Hasil scan kedalam Format Text, yang kemudian bisa kita copi Paste ke Microsoft Office :

 

Mengubah File Pdf, Gambar, Hasil Scan Ke Format Text Microsoft Word
 


Download Aplikasi Free OCR di : SINI
cara Menggunakannya cukup insertkan file PDF, JPG atau scan yang kita miliki, lalu klik OCR/star OCR prosses

Menggunakan Aplikasi Microsoft Office OneNote

Aplikasi Microsoft Office OneNote ini biasanya sudah kita miliki ketika kita sudah menginstal office di komputer yang kita miliki. Silahkan Anda cari dikomputer temen-temen di daftar aplikasi microsoft office yang temen-temen miliki. Aplikasi Microsoft Office OneNote ini support dan bekerja sangat baik ketika digunakan untuk mengubah file gambar maupun hasil scan. Namun tampaknya belum bisa mengubah File PDF.

Langkah-Langkah :
Buka Aplikasi, lalu buat New

Mengubah File Pdf, Gambar, Hasil Scan Ke Format Text Microsoft Word


Pilih menu Inser Picture, pilih gambar kemudian klik kanan dan pilih copi text from picture

Mengubah File Pdf, Gambar, Hasil Scan Ke Format Text Microsoft Word

 

Mengubah File Pdf, Gambar, Hasil Scan Ke Format Text Microsoft Word


Buka Microsoft Office kita atau notepad lalu copi paste disana

 
 
Mengubah File Pdf, Gambar, Hasil Scan Ke Format Text Microsoft Word
Text Di Microsoft Office


Menggunakan Situs Online
Situs yang kita bicarakan disini yaitu situs : http://www.ocrconvert.com

Di dalam situs ini kita bisa mengconvert file pdf, gambar maupun hasil scan menjadi tulisan text. cara melakukanya pun cukup mudah, yang penting kita memiliki akses ke internet.

Langkah-langkah
Pilih dan upload dahulu file milik kita, pilih bahasa indonesia, lalu proses dan tunggu

 

 

 



Jika Proses selesai dan sukses, klik pada nama File sehingga hasil convert akan terbuka di TAB baru.

 

 


Jika teman-teman Hendak mengubah File PDF menjadi microsoft Office, saya lebih menyarankan kepada teman-teman untuk menggunakan aplikasi pengonvert PDF ke Word Seperti misalnya Nitro PDF Proffesional.
 


Pengalaman :

Jika gambar, File PDF, hasil scan tidak terbaca oleh aplikasi one Note atau OCR, biasanya karena posisi gambar (huruf atau angka dalam gambar) tidak tegak (atau miring). Sehingga saya sarankan temen-temen untuk mengedit gambar atau hasil scan tersebut dengan berbagai cara mengedit file gambar, agar posisi menjadi lebih tegak.

 

Ketika saya ingin menulis teks dari sebuah buku, terkadang saya juga hanya memfoto tulisan tersebut, lalu mengkonvertnya menggunakan Free OCR maupun One Note. karena pada prinsipnya, melakukan scan dan foto langsung itu sama saja. Hanya saja berbeda kualitas. yang terpenting, ketika kita memfoto pastikan serapi dan setegak mungkin. bayangkan kamera dan tangan kita adalah mesin scaner (#Eh).
 
 

Bagikan

Comments (0)

Silahkan Tinggalkan Komentar