Anak Muda Ditantang Hadirkan Solusi Desa Broadband

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengajak kaum muda untuk memberikan gagasan kreatif guna membangun desa broadband di Indonesia. Melalui program Solusi Desa Broadband Terpadu (SDBT) pemerintah berharap bahwa gagasan yang datang tersebut, diharapkan murni hadir dari ide segar kaum muda untuk diaplikasikan membangun desa.

Informasi yang diumumkan melaui laman kominfo.go.id ini, meminta kaum muda maupun masyarakat Indonesia untuk menghadirkan dan merumuskan solusinya dalam bentuk produksi video berisi gagasan pemecahan masalah yang ada pada desa-desa tertinggal dalam kurun waktu tiga menit.

Dalam laman tersebut juga menginformasikan daftar desa yang diungkapkan perlu untuk dilakukan pembangunan, dan menemukan solusinya yang dapat diakses di  http://www.solusi.broadband-desa.go.id . Video yang berdurasi tiga menit tersebut diharapkan diproduksi atas gagasan sendiri dengan tetap memperhatikan ketentuan yang berlaku. Video solusi desa broadband harus diunggah ke platform Youtube. Panitia akan memilih 50 ide terbaik untuk diikutkan dalam babak improvisasi ide.

Para peminat yang bergabung dalam perumusan solusi tersebut, diharapkan dapat mencapai target dan sesuai dengan sasaran program untuk beberapa desa, seperti desa nelayan, pedalaman, dan desa pertanian. Solusi teknologi yang digagas bisa mencakup pemecahan masalah terkait mata pencaharian, akses layanan kesehatan, akses layanan keselamatan, dan akses layanan keamanan. Sedangkan solusi yang diharapkan meliputi komponen: jaringan, perangkat, aplikasi, pendampingan, dan implementasi.

Program solusi desa broadband dijalankan secara terpadu, mulai dari pengembangan solusi, penerapan, hingga pembinaan dan pendampingan yang mengikutsertakan komponen profesional dan masyarakat lokal yang relevan.

“Peralihan dari aktivitas ekonomi tradisional ke aktivitas ekonomi digital dipastikan selain akan meningkatkan kecepatan transaksi ekonomi juga akan meningkatkan efisiensi proses ekonomi. Oleh sebab itu masyarakat harus sesegera mungkin dikondisikan untuk menyambut era ekonomi digital tersebut,” demikian sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.

Berdasarkan capaian yang ingin diraih tersebut, diharapkan para inovator muda mampu menyajikan solusi dan implementasi yang menggabungkan elemen jaringan, perangkat, aplikasi dan dukungan sistem. Pada gilirannya, pemikiran-pemikiran kaum muda ini akan memberi sumbangsih bagi terwujudnya kesejahteraan bangsa secara menyeluruh dimulai dari pelosok desa.

Dalam situs juga diumumkan mengenai hadiah bagi aplikasi solusi solusi desa broadband terbaik, seperti:

  • Pembimbingan dengan mentor ahli dari berbagai bidang untuk penyempurnaan solusi.
  • Kesempatan melakukan benchmarking ke negara yang sudah sukses dalam pengembangan startup.
  • Kesempatan promosi aplikasi yang sudah dibuat melalui kerjasama pemerintah dan operator.

desa-broadband-terpadu

Bagikan

Comments (0)

Silahkan Tinggalkan Komentar